Yamaha Aerox

Banten Alokasikan Rp600 Miliar untuk Sport Center

  Kamis, 01 Agustus 2019   Adi Ginanjar Maulana
Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman Provinsi Banten HM Yanuar (Mulyana)

SERANG, AYOBANTEN.COM--Pemerintah Provinsi Banten menganggarkan sekitar Rp600 miliar pada APBD 2020 untuk kelanjutan pembangunan 'Sport Center' dengan anggaran sytem 'multiyears' hingga 2021.

"Tahun 2020 dianggarkan Rp600 miliar untuk pembangunan 'sport center'-nya. Meskipun sekarang masih pembahasan anggaran di DPRD, tapi kan untuk sport center sudah dipastikan anggaranya karena hasil kesepakatan," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman Provinsi Banten HM Yanuar di Serang, Rabu.

Ia mengatakan, anggaran sebesar Rp600 miliar tersebut akan digunakan untuk pembangunan inti atau bangunan utama 'sport center' tersebut. Selanjutnya akan kembali dianggarkan pada 2021 untuk sisa kekurangan anggaran dari sekitar Rp900 miliar untuk pembangunan sport center tersebut.

"Anggarannya sesuai kesepakatan antara pemprov dengan DPRD Banten sampai 2021. Jadi ini harus teralokasikan karena atas dasar kesepakatan kalau sistem pembiayaan multiyears," kata Yanuar..

Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman menganggarkan untuk pembangunan stadion bertaraf internasional di Sport Center Provinsi Banten sebesar Rp900 miliar.

"Kita anggarkan sistem 'multi years'. Tahun ini baru dianggarkan Rp80 miliar untuk dasarnya dulu," kata dia.

Ia mengatakan, anggaran yang dikeluarkan dalam APBD Banten 2019 untuk pembangunan stadion tersebut baru sekitar 8 sampai 10 persen dari kebutuhan total. Anggaran Rp80 miliar tersebut untuk bagian dasar stadion dan dinding, dan aksesoris,stadion, kontsruksi.

"Keseluruhan anggarannya awalnya sekitar Rp980 miliar, namun setelah direview menjadi Rp900 miliaran. Dasar review itu kan menghitung komponen pembiayaan untuk penyesuaian, karena DED-nya itu sudah enam tahun lalu," kata Yanuar.

Setelah dianggarkan Rp80 miliar untuk tahun pertama, kata dia, kemudian pada Tahun 2020 dianggarkan sekitar Rp600 miliar dan sisanya di akhir tahun ke tiga yakni 2021.

"Tahun ke dua itu dianggarkan untuk pembangunan tribun dan badan stadion. Tahun ke tiga pembangunan atapnya," kata Yanuar.

Ia mengatakan, stadion tersebut berstandar internasional dengan kapasitas penonton sekitar 30 ribu. Selain itu, nantinya juga kan akan dibangun venue lainnya diatas kawasan sport center yang luasnya sekitar 60 hektare.

"Jadi kita target 2021 awal selesai pembangunan stadionnya," kata Yanuar.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar