Yamaha NMax

DPRD Banten Dukung Pengembangan Wisata 'Negeri di Atas Awan'

  Jumat, 25 Oktober 2019   Fira Nursyabani
Destinasi wisata baru di Banten Negeri Diatas Awan di Desa Citorek, Kabupaten Lebak Banten. (ANTARA News/Mulyana)

LEBAK, AYOBANDUNG.COM -- DPRD Banten akan mendukung penuh upaya yang dilakukan Pemprov Banten dan Pemerintah Kabupaten Lebak, dalam upaya pengembangan jangka panjang serta peningkatan sarana dan prasaran pendukung  "Kawasan wisata Negeri Diatas Awan". Kawasan ini terletak di Gunung Luhur, Desa Citorek Kidul, Kabupaten Lebak.

"Pertama kami apresiasi dulu kepada Gubernur dan juga Pemkab Lebak atas pengembangan kawasan wisata ini. Ini adalah potensi luar biasa dan bisa menjadi kebanggaan Banten," kata Ketua DPRD Banten Andra Soni saat mengunjungi lokasi wisata tersebut dan menghadiri peletakan batu pertama Masjid "Rahmatan Lil'alamin' di Kawasan wisata Negeri Diatas Awan' di Gunung Luhur, di Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Kamis (24/10/2019).

Andra mengatakan, potensi wisata yang tidak dimiliki daerah lain tersebut harus diurus dengan baik dan terus dikembangkan dan dibenahi agar lebih bagus lagi dari sisi sarana dan prasarana pendukung bagi wisatawan yang datang ke Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) itu.

"Kami tentu akan dukung apa yang direncanakan Pemprov Banten dan Pemlab Lebak, khususnya untuk pengembangan kawasan wisata ini," kata politisi Partai Gerindra tersebut.

Menurutnya, masih banyak yang perlu terus dibenahi, di antaranya terkait fasilitas-fasilitas penunjang, seperti penerangan jalan umum (PJU) mengingat jalannya berkelok dan gelap jika perjalanan malam hari. Kemudian perlu dibangun pagar pembatas secara permanen di tebing titik lokasi melihat pemandangan awan untuk keamanan dan keselamatan pengunjung.

Kemudian untuk jangka panjang harus dipikirkan juga pengembangan kawasan wisata lainnya di sekitar lokasi, untuk menunjang keberadaan objek wisata yang ada seperti untuk wisata pertaniannya dan lainnya, agar tidak jangan hanya tertumpu pada wisata pemandangan awan saja.

"Saya dengan di lokasi sini juga ada air terjun dan desa pesawan. Pemerintah harus mengkaji lagi untuk pengembangannyan. Jadi jangan hanya tertumpu pada awan saja," kata Andra.

Pihaknya juga mendukung langkah Pemprov Banten yang saat ini sedang melaksanakan pembangunan jalan akses menuju kawasan wisata itu, yakni dari ruas Cipanas-Warung Banten sepanjang 60 Km lebih dan masih tersisa sekitar 14 Km.

"Tahun depan, tinggal 14 kilometer lagi melanjutkan jalan yang dibangun sekarang ini. Kemudian ada permintaan juga dari Kabupaten Lebak untuk pembangunan jalan dari lokasi ini yang menuju Kecamatan Bayah sepanjang 24 Km," kata Andra Soni.

Masyarakat di Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak, mulai merasakan manfaat secara ekonomi dengan keberadaan objek wisata alam 'Negeri Diatas Awan" di sekitar Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNHGS) yang baru ramai belakangan ini.

"Alhamdulillah sekitar 30 persen masyarakat kami di sini sudah merasakan dampaknya secara ekonomi. Mudah-mudahan ke depan juga memberikan dampak bagi empat desa lainnya yang ada di sekitar lokasi kawasan wisata ini," kata Kepala Desa Citorek Kidul, Narta usai menghadiri peletakan batu pertama pembangunan masjid di sekitar kawasan wisata "Negeri Diatas Awan' oleh Gubernur Banten Wahidin Halim. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar