Yamaha Aerox

Cegah Virus Corona, Begini Cara Bersihkan Ponsel Agar Tetap Bersih

  Rabu, 13 Mei 2020   Adi Ginanjar Maulana
Membersihkan ponsel

AYOBANTEN.COM--Berbagai upaya dilakukan orang untuk selalu membersihkan benda yang melekat dengan kesehariannya, salah satunya ponsel.

Karenanya, ponsel juga harus dibersihkan atau disinfeksi agar terhindar dari paparan virus.

Dilansir laman Android Pit, Rabu (13/5/2020), berikut empat cara mendisinfeksi smartphone agar terhindar dari virus:

1. Perhatikan produk yang dilarang

Ada banyak tips dan trik untuk membersihkan smartphone yang tersebar di media sosial dan sebagian besar salah karena dapat membahayakan, salah satunya adalah penggunaan produk minuman Coca Cola. Tapi sebelum menggunakannya, pengguna harus mengetahui apakah cairan tersebut benar-benar bisa membersihkan.

Pengguna juga harus menghindari penggunaan pemutih, cuka, dan cairan disinfektan yang keras karena produk-produk ini dapat menggerogoti kaca atau layar LCD ponsel.

2. Kit pembersih murah

Ada berbagai produk yang dapat pengguna gunakan untuk membersihkan ponsel. Tidak ada produk yang benar-benar memberikan jaminan, tetapi beberapa produk mungkin cocok dengan pengguna, salah satunya seperti kit pembersih murah yang telah dicoba dan diuji.

Produk-produk tersebut termasuk CAMKIX Cleaning Kit dan Zeiss Smartphone Wipes. CAMKIX Cleaning Kit dilengkapi dengan panduan untuk membantu pengguna mendeteksi debu dan kotoran di celah ponsel.

Sedangkan Zeiss Smartphone Wipes berisikan 60 lembar tisu yang dapat digunakan sebagai tambahan untuk CAMKIX Cleaning Kit. Tisu ini dapat menghapus sidik jari pada layar.

3. Langkah-langkah pembersihan

Ada beberapa langkah yang disarankan untuk membersihkan samrtphone. Pertama, jika kasing ponsel terbuat dari plastik atau silikon, bilas dengan air dan biarkan kering secara sendiri. Jika kasing terbuat dari kulit, bersihkan dengan produk khusus.

Kedua, gunakan cotton bud untuk membersihkan tepi earphone, speaker, dan berbagai port pada ponsel.

Ketiga, pengguna dapat menggunakan sikat gigi kecil yang lembut untuk membersihkan port USB-C. Jangan menggunakan kapas karena mungkin akan meninggalkan serat di dalam port.

Keempat, gunakan produk pilihan pengguna untuk membersihkan layar serta tubuh ponsel. Pengguna membutuhkan kain serat mikro atau kain yang umumnya digunakan untuk membersihkan kacamata.

4. Disinfeksi ultraviolet

Ultraviolet cleaning kit memungkinkan sinar ultraviolet membunuh bakteri dan mendisinfeksi ponsel pengguna dalam hitungan menit.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar