Yamaha Mio S

Rob di Pesisir Pulau Jawa Berpotensi Terjadi hingga Sabtu 6 Juni 2020

  Kamis, 04 Juni 2020   Adi Ginanjar Maulana

AYOBANTEN.COM -- Badan Meteolorogi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, potensi gelombang tinggi di Laut Jawa dan “ROB” di Pesisir Utara Jawa diperkirakan akan berlangsung hingga Sabtu 6 Juni 
mendatang.

Plt. Deputi Bidang Meteorologi Herizal, mengatakan, fenomena tersebut memiliki kecenderungan menurun seiring dengan penurunan kecepatan angin. 

Adapun potensi rob, disebabkan oleh kondisi pasang air laut yang cukup tinggi di beberapa wilayah Indonesia akibat fase bulan purnama (full moon/spring tide). 

"Selain itu, faktor gelombang tinggi yang diprakirakan terjadi mencapai 2,5-4 meter di Laut Jawa oleh hembusan angin kuat yang mencapai kecepatan 25 knot (46 Km/Jam) ikut berperan pada kenaikan muka air laut yang terjadi di perairan utara Jawa," ujar Herizal dalam keterangannya, Kamis (4/6/2020).

Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat  yang bermata pencaharian dan yang berada di pesisir  atau pelabuhan diharapkan meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana rob.

"Bagi masyarakat yang hendak mengupdate informasi terkini, bisa memperolehnya dari layanan BMKG seperti web www.bmkg.go.id, aplikasi iOS dan android "Info BMKG"; call center 021-4246321, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat," katanya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar