Yamaha NMax

Badak Bercula Satu Terekam Muncul di Pantai Ujung Kulon

  Rabu, 24 Juni 2020   Adi Ginanjar Maulana
Seekor badak cula satu muncul di Pantai Gardu Buruk Cigenter, Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Kabupaten Pandeglang awal Juni 2020. [Tangkap layar video istimewa]

PANDEGLANG, AYOBANTEN.COM -- Fenomena langka terekam di pinggir pantai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) di Kabupaten Pandeglang, saat seekor badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) muncul di pesisir wilayah tersebut.

Analis Data Pemanfaatan Pengawetan dan Pelayanan TNUK Apuy mengatakan, satwa langka tersebut muncul di Pantai Gardu Buruk Cigenter dua pekan lalu. Saat itu, tim TNUK sedang melakukan patroli di jalur laut sehingga menemukan badak tersebut.

“Iya betul, jadi ada badak yang muncul di pinggir pantai Gardu Buruk Cigenter. Alhamdulilah kami masih sempat bikin dokumentasinya,” katanya, Selasa (23/6/2020).

Apuy mengungkapkan, badak tersebut keluar lantaran wisata Ujung Kulon masih tertutup akibat pandemi Covid-19, sehingga badak merasa aman mencari kadar garam.

“Boleh dibilang mungkin karena ditutup (TNUK) yah, orang kurang yang berkunjung, sehingga badak) merasa aman untuk keluar. Tapi sifat badak mah memang butuh garam, sehingga dia keluar,” jelasnya.

Apuy mengakui fenomena tersebut merupakan momen yang sangat langka. Karena sangat jarang bisa ditemui di pinggir pantai yang ada di TNUK.

“Langka banget, jarang-jarang kita bisa langsung nemuin kayak gitu,” katanya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar