Yamaha Aerox

Gempa di Banten Tidak Berpotensi Tsunami, Masyarakat Diminta Lakukan Hal Ini

  Selasa, 14 Juli 2020   Rizma Riyandi
Ilustrasi (Pixabay)

BANTEN, AYOBANTEN.COM -- Gempa kembali melanda wilayah Banten. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pukul 07.04 pada Senin (14/7/2020).

Gempa berkekuatan Magnitudo 5,1 itu terjadi di 6.97 LS,106.09 BT atau 18 km Barat Daya Bayah Provinsi Banten. Adapun kedalaman gempa berada pada 81 Km di bawah permukaan laut.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Bayah dan Panggarangan.

"Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," ujarnya. 

Rahmat juga menuturkan, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. Selain itu, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

"Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," papar Rahmat. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar