Yamaha NMax

Ragam Informasi Mengenai Vaksinasi Orang Dewasa

  Sabtu, 14 November 2020   Adi Ginanjar Maulana
Ilustrasi Vaksin Covid-19

JAKARTA, AYOBANTEN.COM--Dokter Penyakit Dalam Rumah Sakit Menteng Mitra Afia, Dirga Sakti Rambe, menegaskan bahwa vaksinasi tidak hanya perlu dilakukan kepada anak-anak, namun juga orang dewasa. Dia membeberkan beberapa alasan mengapa vaksinasi penting dilakukan pada orang dewasa.

Pertama, karena ada sebagian orang dewasa yang sama sekali belum pernah menerima vaksin pada saat kecil. Kedua, terjadi penurunan kekebalan tubuh terutama pada lanjut usia, sehingga Dirga mengatakan pemberian vaksin perlu diulang.

“Ketiga, banyak orang dewasa mengalami penyakit kronis seperti diabetes, jantung, ginjal, yang dimana mereka termasuk kelompok rentan terinfeksi sehingga amat perlu divaksinasi. Berikutnya adalah karena alasan-alasan tertentu misal traveling atau yang berkaitan dengan perilaku yang berisiko tinggi atau pekerjaan seperti tenaga medis,” jelas Dirga dalam diskusinya dengan FMB9ID_IKP, Jumat (13/11/2020).

Lalu alasan terakhir, kata dia, yaitu karena aspek penting untuk melindungi keluarga di rumah dan juga untuk melindungi anak-anak mereka. Dirga memberikan informasi bahwa rekomendasi vaksinasi untuk orang dewasa disusun oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PDSPD).

Selain itu, dia juga membeberkan bahwa ternyata ada sekitar 15 jenis vaksin untuk orang dewasa di Indonesia. Vaksin-vaksin tersebut diantaranya, vaksin influenza, vaksin pneumonia, vaksin campak, vaksin cacar air, dan vaksin untuk mencegah kanker serviks.

Lantas, bagaimana orang dewasa mendapatkan suntik vaksinasi? Dirga menuturkan, bagi orang dewasa yang ingin mendapatkan suntik vaksin, dapat mengunjungi puskesmas, klinik, dan rumah sakit.

“Vaksinasi pada orang dewasa dapat disuntikkan dengan bantuan dokter umum, dokter penyakit dalam, dokter kebidanan, atau siapa saja yang berkompeten untuk melakukan vaksinasi. Oleh karena itu, tidak perlu bingung. Segera kunjungi klinik terdekat,” imbuh Dirga. 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar