Yamaha NMax

Hore, BLT Guru Honorer Kemendikbud Cair Hari Ini

  Selasa, 17 November 2020   Adi Ginanjar Maulana
Ilustrasi BLT guru honorer Kemendikbud

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim memastikan pencairan bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) senilai Rp1,8 juta untuk guru honorer dan tenaga kependidikan honorer dimulai pada hari ini.

Hal tersebut diungkapkan Nadiem dalam rapat kerja (Raker) bersama dengan Komisi X DPR RI Senin kemarin. Menurutnya, pencairan BLT atau BSU guru honorer tersebut tak lepas dari perjuangan Komisi X, Kemendikbud, dan Kemenkeu.

Namun, penerima BLT atau BSU guru honorer Rp1,8 juta ini sayangnya tidak akan disalurkan kepada pegawai negeri sipil (PNS) dan tidak menerima salah satu bantuan semi bantuan sosial (bansos) pemerintah, yaitu Kartu Prakerja sampai dengan 1 Oktober 2020.

“Karena itu, jumlahnya bisa dibilang hampir mirip dengan jumlah bantuan sosial, jadi kami tidak ingin tumpang tindih dengan bantuan bansos dari kemarin,” ujar Nadiem.

Syarat lainnya, lanjut Nadiem, guru honorer merupakan warga negara Indonesia (WNI), kedua guru honorer tidak menerima BSU pekerja formal dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Hal ini demi menjamin agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran.

“Harus WNI tentunya. Kemudian tidak menerima bantuan subsidi Kemnaker agar tak tumpang tindih dengan berbagai macam bantuan yang dilakukan Kemnaker, itu cukup wajar,” ucapnya.

Nadiem menjabarkan tenaga kependidikan honorer yang bakal mendapatkan pencairan dana BLT atau BSU Rp1,8 juta yakni meliputi guru honorer di tingkat negeri dan swasta sebanyak 1,63 juta orang, dosen perguruan tinggi negeri dan swasta ada 162 ribu orang, dan tenaga kependidikan ada 237 ribu orang.

“Jadi, semuanya ada bantuannya. Di semua sekolah dan perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, ya. Total sasaran sedikit lebih dari 2 juta orang. Total anggaran yang akan kita keluarkan adalah sekitar Rp 3,6 triliun," kata Nadiem.

Untuk mengetahui apakah guru honorer atau tenaga pendidik honorer mendapatkan BLT atau BSU Rp1,8 juta ini atau tidak dapat dilakukan dengan mengakses Info GTK di laptop atau smartphone kalian. Simak langkah-langkah berikut:

1. Login melalui laman https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ untuk Info validasi data guru

2. Jika ditemukan kesalahan data, lakukan perbaikan melalui aplikasi dapodik di sekolah masing-masing

3. Untuk membuka Info GTK gunakan account PTK yang sudah diverifikasi

4. Pastikan menggunakan email yang aktif milik pribadi

5. Pengaturan ulang akun dapat melalui Manajemen Dapodik

6. Setelah masuk di laman info.gtk.kemdikbud.go.id, akan muncul tampilan tabulasi di bagian paling bawah.

Dalam tampilan tabulasi akan tertulis Pembayaran insentif guru bukan PNS disertai nama bank penyalur maka tendik atau guru honorer dinyatakan lolos mendapatkan BLT atau BSU Rp1,8 juta meskipun belum terdapat nama cabang bank dan nominal yang didapatkan.

Namun, apabila setelah mengakses laman info GTK tidak tertera nama bank penyalur, maka bisa jadi tendik atau guru honorer belum lolos atau masih dalam tahap verifikasi, jadi lakukanlah pengecekan secara berkala di lain waktu.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar