Memilih Oli untuk Mobil LCGC yang Tepat Agar Lebih Irit

- Rabu, 14 September 2022 | 14:42 WIB
Memilih oli untuk mobil LCGC yang tepat agar lebih irit. (Pixabay)
Memilih oli untuk mobil LCGC yang tepat agar lebih irit. (Pixabay)

AYOBANTEN -- Oli untuk mobil LCGC yang tepat akan berpengaruh dengan performa. Apabila membutuhkan perawatan mobil, aplikasi bengkel mobil akan sangat membantu Anda. Hadirnya Otoklix bukanlah bengkel, namun platform yang membantu booking service dengan bengkel yang menjadi mitranya. Anda bisa percayakan layanan perawatan dan perbaikan mobil terbaik. Pastinya yang memberikan layanan transparan serta memudahkan. Layanan perawatan mobil melalui Otoklix tersedia berbagai macam pilihan sesuai kebutuhan.

LCGC yang mengusung embel-embel mobil murah, namun terbukti mayoritas orang dari segala kelas tidak gengsi. Hal ini karena dalam perkembangannya, LCGC menawarkan beragam fitur yang fungsional sesuai dengan kebutuhan pengemudi dan penumpangnya. LCGC makin sesuai dengan fungsionalitasnya sebagai mobil sehari-hari. Kehadirannya yang reliable, irit, serta ramah lingkungan.

LCGC memang selalu menarik minat masyarakat. Meski dikenal reliabel, LCGC tetaplah sebuah mobil yang membutuhkan perawatan tepat dan sesuai dengan karakternya. Hal ini agar bisa terus terjaga kinerjanya atau bahkan menjadi lebih baik. Salah satu hal yang paling penting yakni pemilihan pelumas. Memilih oli untuk mobil yang secara khusus sehingga akan menekan emisi gas buang dan efisiensi bahan bakarnya. Oleh karena itu, Anda tidak asal dalam memilih jenis oli yang tepat.

Pentingnya Memilih Oli untuk Mobil LCGC yang Tepat

Oli mobil LCGC menjadi hal penting bagi mesin. Sebab berfungsi sebagai pelumas mesin agar tidak aus. Oleh karena itu, pastikan tidak asal dalam memilih oli mobil, khususnya mobil LCGC. Mobil LCGC tampak identik dengan kendaraan ramah lingkungan dan efisien. Tentunya agar performa mobil tetap baik, maka membutuhkan oli LCGC berkualitas. Apabila salah memilih oli, maka bisa menurunkan potensi terbaik mobil. Tentunya dengan kapasitas mesin yang kecil, mobil LCGC membutuhkan pelumasan konstan. Pelumas juga perlu agar bisa menjaga mesin tetap dingin.

Menggunakan oli untuk mobil LCGC yang salah, kemungkinan akan mengakibatkan mesin jadi panas. Untuk jangka pendek, tentu efisiensi penggunaan bahan bakar akan menurun. Sementara untuk jangka panjang, reliabilitas mesin akan terus berkurang. Pemilik LCGC membutuhkan produk pelumas mesin berkualitas, pastinya dengan kekentalan atau viskositas rendah yang pas untuk mobil LCGC. Berikut ini adalah cara untuk mengetahui oli paling tepat khusus mobil LCGC

Melihat Buku Panduan Mobil

Salah satu cara paling mudah yakni dengan melihat buku panduan mobil mengenai spesifikasi pelumas yang dibutuhkannya. Setelah itu, Anda bisa pilih pelumas dengan sertifikasi dari berbagai institusi seperti API, ACEA, ILSAC, dan JASO. Oli yang ditawarkan di pasaran tersedia dalam dua material dasar yakni mineral dan sintetis. Keduanya memiliki perbedaan jenis minyak dasar, untuk oli sintetis memiliki ketahanan yang lebih lama dari oksidasi.

Penting bagi Anda untuk menggunakan pelumas sesuai standar kekentalan rekomendasi pabrikan. Hal tersebut yang bisa terlihat dari buku pedoman pemilik kendaraan. Untuk mobil LCGC, ada baiknya menggunakan grade oli SAE 0W-20, 5W-30 dan 10W-30. Apabila lebih memilih SAE 10W-30 atau viskositas oli mesin yang lebih tinggi dalam temperatur sangat rendah, kemungkinan lebih sulit untuk mesin mobil.

Anda bisa memilih oli mesin SAE 0W-20 dan 5W-30 agar lebih mudah menghidupkan mesin. Sebab, 0W-20 memiliki kemampuan start lebih mudah apabila cuaca dingin. Namun apabila pemilik kendaraan tidak menggunakan oli sesuai grade rekomendasi, oli tidak bersirkulasi dengan baik. Oli tersebut tidak bisa melumasi mesin dengan maksimal dana akan mengakibatkan keausan komponen.

Penggunaan Oli Mobil LCGC Berpengaruh terhadap Usia Mobil

Pemilihan oli mobil terbaik untuk mobil LCGC akan mempengaruhi usia pakai mobil tersebut. Terlebih penggunaan LCGC untuk menempuh padatnya lalu lintas perkotaan. Oleh karena itu, kebutuhan oli mobil LCGC tidak boleh asal pilih. Setiap pemilik mobil LCGC perlu menggunakan oli mobil terbaik yang sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraannya. Hal ini karena komponen mesin mobil LCGC berbeda dengan mobil-mobil lainnya.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BNI Luncurkan Sahabat Ibuprenuer

Kamis, 23 Desember 2021 | 15:52 WIB

Terpopuler

X